Boleh Memelihara Anjing Jika Dibutuhkan

Setelah membahas tentang larangan umum memelihara anjing, berikut ini kami sampaikan mengenai pengecualian mengenai kebolehan memelihara anjing, yakni jika dibutuhkan. Dalam hal ini, ulama bersepakat atas 3 kebutuhan berdasarkan zhahir hadits tentang memelihara anjing, yakni menjaga hewan peternakan, menjaga tanaman pertanian, dan berburu.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Salam, beliau bersabda,

مَنِ اتَّخَذَ كَلْبًا إِلاَّ كَلْبَ مَاشِيَةٍ أَوْ صَيْدٍ أَوْ زَرْعٍ انْتَقَصَ مِنْ أَجْرِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطٌ

Barangsiapa memanfaatkan anjing selain anjing untuk menjaga hewan ternak, anjing (pintar) untuk berburu, atau anjing yang disuruh menjaga tanaman, maka setiap hari pahalanya akan berkurang sebesar satu qirath.” (HR. Muslim no. 1575).

Dalam hadits lain yang serupa, diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda,

مَنِ اقْتَنَى كَلْبًا لَيْسَ بِكَلْبِ مَاشِيَةٍ أَوْ ضَارِيَةٍ ، نَقَصَ كُلَّ يَوْمٍ مِنْ عَمَلِهِ قِيرَاطَانِ

Barangsiapa memanfaatkan anjing, bukan untuk maksud menjaga hewan ternak atau bukan maksud dilatih sebagai anjing untuk berburu, maka setiap hari pahala amalannya berkurang sebesar dua qirath.” (HR. Bukhari no. 5480 dan Muslim no. 1574)

Menjaga Rumah dan Selainnya

Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim berkata, “Diperselisihkan dalam hal memelihara anjing selain untuk tujuan yang tiga di atas, seperti untuk menjaga rumah, jalanan. Pendapat yang lebih kuat adalah dibolehkan, sebagai qiyas dari ketiga hal tersebut, karena adanya illat (alasan) yang dapat disimpulkan dalah hadits, yaitu: Kebutuhan.”

Maksud perkataan Imam Nawawi adalah bahwa kebolehan memelihara anjing untuk menjaga peternakan, pertanian, dan berburu tersebut memiliki ‘illat hukum, sehingga bisa diqiyaskan ke dalam persoalan lain seperti menjaga rumah dan menjaga jalanan. ‘Illat dalam kebolehan tersebut adalah: kebutuhan untuk menggunakan manfaat dari anjing tersebut.

Sementara itu, Ibnu Qudamah Al Maqdisi dalam Al Mughni menyatakan, “Tidak boleh untuk maksud itu (anjing digunakan untuk menjaga rumah dari pencurian) menurut pendapat yang kuat berdasarkan maksud hadits (tentang larangan memelihara anjing). Dan memang ada pula ulama yang memahami bolehnya, yaitu pendapat ulama. Karena ulama Syafi’iyah menyatakan anjing dengan maksud menjaga rumah termasuk dalam tiga maksud yang dibolehkan, mereka simpulkan dengan cara qiyas (menganalogikan). Namun pendapat pertama yang mengatakan tidak boleh, itu yang lebih tepat. Karena selain tiga tujuan tadi, tetap dilarang.”

Dalam hal ini, Ibnu Qudamah beristinbath berdasarkan zhahir hadits dan tidak mengakui qiyas atas dalil tersebut.

Kemudian, beliau mengutip perkataan Al Qadhi, “Hadits tersebut tidak mengandung makna bolehnya memelihara anjing untuk tujuan menjaga rumah. Si pencuri bisa saja membuat trik licik dengan memberi umpan berupa makanan pada anjing tersebut, lalu setelah itu pencuri tadi mengambil barang-barang yang ada di dalam rumah.”

Atas pernyataan Al Qadhi ini, maka kita jawab bahwa argumentasi yang beliau gunakan atas hal ini tidaklah tepat, karena jika argumen tersebut yang digunakan, maka seharusnya juga berlaku untuk kasus penjagaan hewan ternak dan tanaman pertanian dalam hadits. Namun, yang adalah Rasulullah membolehkan untuk dua hal tersebut.

Dengan demikian, pendapat yang rajih adalah boleh memelihara anjing untuk menjaga harta, baik itu rumah ataupun selainnya.

Namun, perlu ditegaskan kembali bahwa memelihara anjing dikarenakan hobi tetaplah dilarang oleh syari’at.

Anjing Pelacak Tindak Kriminal

Berdasarkan qiyas yang dinyatakan Imam Nawawi di atas, maka memelihara anjing yang digunakan untuk melacak pelaku kejahatan juga diperbolehkan karena hal tersebut termasuk kebutuhan.

 

 

 

One response to “Boleh Memelihara Anjing Jika Dibutuhkan

  1. Jazakalloh khoir sudah berbagi, duluuuuuu waktu saya tinggal bareng aki nini di kampung, saat itu listrik blm masuk, beliau memelihara bbrp Anjing untuk menjaga keamanan rumah, soalnya buanyak sekali maling.

    Tapi…ternyata dengar2 Aki itu justru lebih ditakuti daripada anjing2 nya :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s