Puasa Syawal Ramadhan

Hukum dan Keutamaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

Hukum Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

Dari sahabat Abu Ayyub Al Anshari, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadits ini, puasa enam hari di bulan Syawal merupakan ibadah yang dianjurkan (sunnah). Ini merupakan pendapat mazhab Syafi’i, Ahmad, dan Abu Dawud Azh Zhahiri.

Sementara itu Imam Malik dan Abu Hanifah menyatakan bahwa puasa 6 hari di bulan Syawal hukumnya makruh. Ini adalah pendapat yang lemah berdasarkan ketegasan hadits Abu Ayyub Al Anshari tersebut.

Keutamaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

Dari Tsauban, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ  – مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

“Barang siapa berpuasa enam hari setelah Hari Raya ‘Idul Fithri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. [Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal].” (HR Ibnu Majah, shahih)

Imam Nawawi dalam Syarah Muslim menjelaskan bahwa orang yang melakukan satu kebaikan akan mendapatkan sepuluh kebaikan yang semisal. Puasa Ramadhan yang dilaksanakan selama sebulan berarti akan senilai puasa 10 bulan. Puasa Syawal yang dilaksanakan selama enam hari berarti akan senilai dengan 60 hari, atau sama dengan 2 bulan. Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal akan mendapatkan puasa seperti setahun penuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s