Kambing Otawa

Dalil-dalil Pensyari’atan Ibadah Kurban

Ibadah kurban disyari’atkan pada tahun ketiga Hijriyah, sama halnya dengan zakat dan shalat ‘Id. Landasan pensyari’atannya dapat dipetumkan di dalam Al Qur’an, As Sunnah, dan ijma’, sebagaimana dijelaskan Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqh Islami wa Adillatuhu.

1. Al Qur’an

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” (Al Kautsar: 2)

Dalam tafsir Fathul Qadir, disebutkan bahwa Qatadah, ‘Atha’ dan Ikrimah mengatakan bahwa shalat yang diperintahkan dalam ayat ini adalah shalat ‘Idul Adh-ha nahr yang dianjurkan dalam ayat ini adalah menyembelih hewan udh-hiyah.

وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ فَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهَا صَوَافَّ فَإِذَا

وَجَبَتْ جُنُوبُهَا فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْقَانِعَ وَالْمُعْتَرَّ كَذَلِكَ سَخَّرْنَاهَا لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.” (Al Hajj: 36)

2. As Sunnah

ضحي النبي بكبشين أملحين أقرنين ذبحهما بيده وسمي وكبر ووضع رجلع رجله علي

صفاحهما

“Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam  menyembelih dua ekor kambing kibash yang bertanduk, beliau menyembelihnya dengan tangan beliau, sambil menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di atas pangkal lehernya.” (HR. Muslim)

Dari Abi hurairah Radhiyallahu ‘Anhu berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

من كان له سعة ولم يضح فلا يقر بن مصلانا

“Siapa yang memiliki kelapangan tapi tidak menyembelih qurban, janganlah mendekati tempat shalat kami.” (HR Ahmad, Ibnu Majah, dan Al Hakim menshahihkannya)

3. Ijma’

Selain itu apa yang telah dilakukan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para shahabat menunjukkan masyru’iyah penyembelihan udh-hiyah dan sampai kepada hukum ijma’ di kalangan umat Islam, sehingga seluruh umat islam sepakat bahwa berkurban adalah perbuatan yang disyari’atkan Islam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s