Shalat I'tikaf

Sunnah Membaca Surat Al Quran pada Raka’at Ketiga dan Keempat Shalat Sirriyah

Sebagaimana diketahui bahwa disyariatkan membaca surat Al Quran pada shalat sirriyah (Zhuhur dan Ashr) pada raka’at pertama dan kedua saja, setelah membaca surat Al Fatihah. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dari Abu Qatadah Radhiyalallahu ‘Anhu:

“Sesungguhnya Nabi Shallallahu ’Alaihi wa Sallam biasa membaca Fatihatul Kitab dan surat pada dua rakaat pertama dalam shalat Zuhur dan Ashar, dan terkadang memperdengarkan ayat kepada kami. Sedangkan pada dua rakaat terakhir, (beliau hanya) membaca Fatihatul Kitab.” (HR Muslim, nomor  451)

Tidak membaca surat lain setelah membaca Al Fatihah pada rakaat ketiga dan keempat ini adalah hukum asal. Namun, terdapat hadits lain yang menunjukkan kebolehan/sunnahnya membaca surat lain setelah Al Fatihah pada rakaat ketiga dan keempat.

Dari Abu Said Al Khudri Radhiyallahu’Anhu,

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ( كَانَ يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الظُّهْرِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الأُولَيَيْنِ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ قَدْرَ ثَلاثِينَ آيَةً , وَفِي الأُخْرَيَيْنِ قَدْرَ خَمْسَ عَشْرَةَ آيَةً , أَوْ قَالَ نِصْفَ ذَلِكَ , وَفِي الْعَصْرِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الأُولَيَيْنِ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ قَدْرَ قِرَاءَةِ خَمْسَ عَشْرَةَ آيَةً , وَفِي الأُخْرَيَيْنِ قَدْرَ نِصْفِ ذَلِكَ

“Sesungguhnya Nabi Sallallahu’Alaihi wa Sallam biasanya membaca pada shalat Zhuhur di dua rakaat pertama pada setiap rakaat sekitar tiga puluh ayat, dan pada dua rakaat lainnya sekitar lima belas ayat, atau, separuh dari itu. Sedang dalam shalat Asar, di dua rakaat pertama pada setiap rakaat membaca sekitar lima belas ayat. Pada dua rakaat lainnya separuh dari itu.” (HR Muslim, nomor 452)

Menurut kitab Shifat Shalat Nabi, pendapat ini (diikuti) sekelompok shahabat, di antaranya Abu Bakar Ash Shiddiq Radhiallahu ’Anhu, dan ini pendapat Imam Syafi’i baik dalam shalat Zhuhur atau yang lainnya. Dan ulama muta’akhirin yang berpendapat demikian adalah Abu Al Hasanat Al Lucknawi.

2 thoughts on “Sunnah Membaca Surat Al Quran pada Raka’at Ketiga dan Keempat Shalat Sirriyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s